ISL : Jelang Tur Tiga Pulau, PSMS Siap Curi Poin

Besok (26/4), skuad PSMS akan berangkat memulai tur tiga pulau, Sumatera-Kalimantan-Jawa. Pasalnya, pada 28 April Ayam Kinantan akan meladeni Sriwijaya FC di Stadion Jaka Baring, 4 Mei bentrok Persiba Balikpapan di Stadion Persiba dan terakhir kontra Persegres Gresik di Stadion Petrokimia 8 Mei mendatang.

Jelas ini menjadi tur yang sangat melelahkan. Namun, karteker pelatih PSMS Suharto AD bersama tim pelatih sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk mematangkan formasi yang bakal sedikit berbeda dari sebelumnya.

Pertandingan terdekat yang bakal dilakoni PSMS yakni menghadapi lawan tangguh Sriwijaya FC. Notabene, Laskar Wong Kito, Julukan Sriwijaya FC, saat ini masih berada di puncak klasemen sementara ISL dengan raihan 45 poin dari 20 kali bertanding. Karena itu, Suharto mengaku bakal mempersiapkan sesuatu yang berbeda untuk meladeni Sriwijaya FC.

“Saat bertanding di sini (Stadion Teladan) putaran pertama lalu, kita hanya bisa bermain imbang tanpa gol. Dan saat ini Sriwijaya FC masih tetap jadi satu tim terbaik di pentas ISL. Karena itu, kita wajib mewaspadai sepak terjang mereka di lapangan. Kita akan menyiapkan kejutan di sana,” ungkapnya, Selasa (24/4).

Ia menjelaskan, meski lawan yang bakal dihadapi cukup solid, tetap ada celah untuk bisa mengalahkannya. “Kita sadar lawan kali ini cukup kuat. Dengan pengalaman bersama selama tiga musim, skuad Sriwijaya FC sudah tentu telah menjadi tim yang cukup padu. Untuk itu, kita akan menerapkan formasi yang cukup pas dalam meladeni permainan mereka. Dan tetap saja akan ada celah untuk bisa mengalahkan mereka,” ujar Suharto.

“Tak hanya itu, anak-anak Sriwjaya juga terkenal memiliki permainan dengan kolektivitas tinggi dan skill individu yang cukup baik,” beber Suharto lagi.
Tapi Suharto juga tak menampik, meraih satu poin menghadapi Sriwijaya FC sudah hasil yang cukup baik. “Seri sudah bagus. Tapi tetap kita targetkan untuk raih poi penuh, pasti akan lebih bagus,” tuturnya.

Suharto mengatakan, menghadapi Sriwijaya FC, ia bakal memadukan formasi 4-4-2 dengan 4-2-3-1. “Saat kita menguasai bola, kita akan terapkan 4-4-2. Namun, saat kita diserang akan bertransformasi menjadi 4-2-3-1,” papar pelatih berkepala plontos itu.

Namun, mengarungi tur tiga pulau, dipastikan PSMS tak diperkuat dua pemain pilarnya. Yakni Rahmad dan Denny Rumba yang diterpa cedera. “Mereka tak akan dibawa,” ujar Suharto singkat.

Untuk memberikan rasa relaks, Suharto bersama tim pelatih dan seluruh pemain PSMS, kemarin sore (24/4) mengunjungi kolam renang di Inna Dharma Deli Hotel Medan. “Agar mereka lebih relaks dengan beban yang selama ini mereka rasakan. Dengan begitu, dalam menggelar latihan besok (Hari ini) pagi dan sore mereka lebih bersemangat,” katanya.

Sementara itu, kemungkinan Shin Hyun Joon akan diturunkan dalam tiga laga mendatang, Suharto belum bisa memastikan. “Ia terlihat belum begitu fit. Kabarnya, selama dua minggu di Sidoarjo ia tak mengikuti latihan. Kita lihat perkembangan lah, kalau dia bisa akan kita turunkan,” ujarnya.

Mengenai dua pemain berdarah campuran (Belanda-Ambon) dari Pelita Jaya, masih dikabarkan akan datang hari ini (25/4). “Katanya besok (Hari ini) mereka (Ruben dan Tonny Cussel) sampai. Mudah-mudahan mereka bisa langsung mengikuti sesi latihan,” ujar karteker pelatih PSMS Roekinoy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: