IPL : PERSIBA 2-2 PSMS

Dua gol Jecky Pasarella gagalkan kemenangan PERSIBA.

Bantul-Jecky Pasarela tampil sebagai pahlawan ketika PSMS Medan dijamu Persiba Bantul dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL) di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (25/2). Dua gol yang dicetak striker yang baru saja melangsungkan pernikahan itu membuyarkan kemenangan tuan rumah yang sudah di depan mata.

Jecky menciptakan gol di menit 63 dan 76, setelah Persiba dua kali memimpin lewat gol Busari di menit 11 dan Ugik Sugiyanto menit 67. Kedua tim akhirnya harus berbagai poin dan tidak mampu mendongkrak posisi masing-masin di klasemen sementara. Persiba masih di peringkat tiga, sementara status juru kunci tetap disandang PSMS.

Tanpa Wahyu Wijiastanto dan Slamet Nurcahyo yang memperkuat timnas senior, Persiba tampil dominan di babak pertama. Kerja keras Kim Yong Han dan Busari di lini tengah membuat Ezequile Gonzales, Ugik Sugiyanto, Cornelis Kaimu lebih gampang melakukan tusukan ke area pertahanan lawan.

Laga baru berjalan satu menit Ugik nyaris membuat tuan rumah unggul, tapi sayang bola sundulanya tepat mengarah ke kiper PSMS Decky Ardian. Tiga menit kemudian giliran tendangan Ezequile Gonzales yang ditips Decky. Kerjasama keduanya baru membuahkan hasil di menit 11. Gonzales yang menyusur dari sayap kanan mengangkat bola ke depan gawang, dan umpan itu diselesaikan sempurna oleh Busari lewat tandukan kepala.

Dalam posisi 0-1 pertandingan berjalan semakin menarik. Persiba makin bersemangat melakukan gempuran, sementara PSMS lebih banyak menekan dengan serangan balik. Tercatat sodoran bola Juanda Mayadi di menit 21 masih menyamping dari gawang Persiba, lalu tendangan bebas Vagner Luis tepat di pelukan kiper Wahyu Tri Nugroho.

Menjelang turun minum pelatih Persiba M Basri menarik Busari dan memasukkan Johan Manaji. Rotasi berlanjut ketika babak kedua dimulai, di mana Emmanuel Cristori masuk menggantikan Cornelis Kaimu. Di lain pihak, setelah istirahat 15 menit anak-anak Medan seakan mendapat suntikan tenaga baru. Mereka tampil lebih ngotot dan cepat, sementara tuan rumah terkesan kehilangan tenaga.

Pada menit 63 Jecky Pasarela berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan terobosan dari lini tengah. Tapi kedudukan 1-1 ini hanya berumur empat menit karena Ugik Sugiyanto kembali membuat Persiba unggul lewat golnya meneruskan umpan Anwarudin. PSMS terus berjuang mengejar ketertinggalan di bawah kendali dirijen lapangan tengah Ahn Hyo Yeon.

Kecepatan Jecky dan Rinaldo yang menggantikan Juanda Mayadi membuat benteng Persiba keteteran. Eduardo Bizarro, M Taufik, dan Nopendi sudah bekerja keras, tapi mereka kecolongan juga oleh aksi Jecky di menit 76. Mendapat umpan dari sayap kiri, striker yang memiliki kecepatan itu melesakkan bola ke pojok kanan gawang Persiba.

Skor 2-2 tidak berubah hingga wasit Nopendri meniup peluit panjang. Bagi Persiba, hasil seri ini merupakan kerugian tersendiri karena dalam laga kandang sebelumnya mereka juga ditahan Persiraja 1-1. (Sumarlin)

Susunan Pemain

Persiba: Wahyudi Tri Nugroho (G), Eduardo Bizarro, M Taufik, Nopendi, Anwarudin, Arwin/Xys Roe Roe (61′), Kim Yong Han, Busari/Johan Manaji (41′), Ezequile Gonzales, Ugik Sugiyanto, Cornelis Kaimu/Emmanuel Cristori (46). Pelatih: M Basri

PSMS: Decky Ardian (G), Safrudin Tahar, Vagner Luis (C), Goran Gancev, Sutrisno/Erwinsyah Hasibuan (80′), Ahn Hyo Yeon, Andre Abubakar/Tri Yudha Handoko (85′), Heri Suwondo, Jecky Pasarela, Julio Alcorse, Juanda Mayadi/Rinaldo (58′). Pelatih: Fabio Lopez

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: