Djohar Arifin Apresiasi Pembentukan PSMS IPL

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya yang tidak terhingga kepada sejumlah klub anggota PSMS Medan yang memutuskan untuk membentuk tim dan tampil di kompetisi Indonesia Premier League (IPL)

Menurut Djohar, sikap 29 dari 40 klub anggota PSMS cukup tepat. Karena sekiranya Ayam Kinantan absen di kompetisi resmi gelaran PSSI dan malah mengikuti Indonesia Super League (ISL) yang dicap ilegal oleh PSSI, sudah pasti PSMS akan rugi dan terkena sanksi berat.

“Sebagai mantan pemain PSMS, saya ucapkan terima kasih kepada klub anggota yang berinisiatif membentuk tim. Ini adalah tindakan penyelamatan, karena menghindarkan PSMS dari sanksi PSSI,” kata Djohar melalui telepon selulernya baru-baru ini.

Ditambahkan, karena pemilik PSMS itu adalah klub anggota dan sudah lebih dari separuhnya menyetujui, jelas tidak ada lagi tim PSMS kecuali yang tampil di IPL yang notabene kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional.

“PSMS milik klub internal dan bukan pengurus maupun perorangan, sehingga tidak boleh sesuka hati dibawa ke mana-mana. Silakan saja mereka (oknum pengurus-red) terus bermain untuk kepentingan pribadi, tapi jangan sampai PSMS dihancurkan,” ketus Djohar dengan nada sesal.

Seperti diketahui, PSMS yang sebelumnya telah memutuskan tampil di IPL secara mendadak membelot dengan memilih tampil di ISL akibat keegoisan pengurus dan manajemen tim kebanggan warga Kota Medan itu.

Padahal, PSSI telah mencabut mandat yang diberikan kepada pengelola kompetisi era kepengurusan Nurdin Halid, karena menolak diaudit tim independen. Alhasil, pengelola kompetisi dipegang PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

Sementara itu, pihak Mabes Polri memastikan hanya akan mengeluarkan izin pelaksanaan pertandingan kompetisi sepakbola jika ada permintaan dari PSSI dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Kepastian itu disampaikan Deputi Sekjen PSSI Bidang Pertandingan, Saleh Ismail Mukadar, usai pertemuan di markas Polri.

“Polri telah memberikan jaminan perizinan menggelar kompetisi. Hanya ada dua surat izin yang akan diterima, yakni dari PSSI dan BOPI. Di luar itu, pasti ditolak!” tandas Saleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: